Membuat Project Game Menggunakan Unity
- Pembuatan project menggunakan Game Engine Unity3D.
- Mengolah Assets di dalam project Unity3D.
- Membuat Log
- Membuat UI menggunakan OnGUI.
- Menjalankan project Game yang dibuat menggunakan Unity3D
- Pengenalan tentang tipe data dalam pemrograman C#
Klik kanan folder “script” yang tadi telah dibuat è klik open è edit file tersebut seperti gambar di atas è setelah selesai di edit klik file è klik save
Secara default, pada script yang baru ini akan tampil 2 buah prosedur, yaitu:
● Start()
Prosedur ini akan dipanggil satu kali di awal, pada saat script pertama
kali di-enable. Prosedur ini sesuai untuk inisialisasi.
● Update()
Prosedur ini dipanggil pada setiap frame, apabila script di-enable.
Prosedur ini sesuai untuk bagian script yang dieksekusi berulang-ulang.
Untuk daftar prosedur dan fungsi lengkap yang
ada pada kelas MonoBehaviour, silakan merujuk ke tautan ini: https://docs.unity3d.com/ScriptReference/MonoBehaviour.html.
Pembahasan kode :
Drag and
drop script hellounity.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.
Dan pastikan script hellounity.cs telah masuk ke GameObject MainCamera dan
menjadi komponen baru bagi MainCamera dengan melihat Inspector.
Klik tombol Play pada Toolbar.
Setelah klik tombol tersebut, akan muncul di jendela Console seperti di samping.
Jika diklik salah satu list yang ada di console, akan muncul info detil dari informasi nama berkas (file) script hingga baris kode tersebut. Tombol tersebut juga bisa digunakan untuk menghentikan game.
Klik kanan folder “script” yang tadi telah dibuat è klik open è edit file tersebut
seperti gambar di atas è
setelah selesai di edit klik file è
klik save all
Pembahasan kode :
Jika game
dijalankan dan parameter MyText pada Inspector MainCamera diisi,
maka tampilan game akan menyesuaikan.
Setiap
perubahan yang teradi pada scene, hierarchy dan object yang ada di dalamnya,
akan memunculkan tanda bintang pada nama Scenes. Segera simpan dengan cara kli File
-> Save atau tekan Ctrl+S. Dan beri nama file misal
”scene” maka akan berubah seperti gambar di atas.
Klik kanan folder “script” yang tadi telah dibuat è klik open è edit file tersebut
seperti gambar di atas è
setelah selesai di edit klik file è
klik save all
Baris 7 merupakan remark. Baris 8 s.d 16 merupakan deklarasi variabel
Baris 8: tipe data bilangan bulat seperti 1,2,3 dst
Baris 9: tipe data desimal seperti 0.25, 2.56 dst
Baris 10: tipe data untuk satu karakter seperti angka 1, huruf a,
tanda baca :, dll
Baris 11: tipe data teks atau kumpulan karakter
Baris 12: tipe data enumerasi untuk keperluan khusus, biasanya digunakan
untuk data yang sudah baku atau dibakukan, dan menghasilkan tipe objek enum.
Baris
13: jika enum menghasilkan tipe objek enum, maka baris 13 adalah deklarasi
variabel yang berisi tipe enumerasi buatan baris 12
Baris
15: tipe data dua angka untuk koordinat 2D yaitu (x,y).
Baris
16: tipe data tiga angka untuk koordinat 3D yaitu (x,y,z).
Baris 20
dan 22 merupakan inisialisasi variabel keterangan, yang akan diisi dengan “Bagus
sekali,,,” jika player memilih komentar “Bagus”, selain itu diisi dengan
“Biasa saja...”.
Baris 28
s.d 34 menampilkan hasil input parameter Inspector MainCamera.
👉Menjalankan game
Jika tidak ada error pada console, maka jalankan game dan isi parameter yang ada pada Inspector MainCamera. Perhatikan parameter yang terbentuk dari script yang sudah dibuat tadi.
Sekian pembahasan kali ini sampai jumpa di pembahasan selanjutnyaa.... dadahhh..👋
Link Budiluhur : http://budiluhur.ac.id
Comments
Post a Comment