Membuat Terrain
👋hallo semua... balik lagi ketemu aku Angel Alda pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan tentang cara membuat terrain menggunakan unity
yukkk langsung aja kita mulaii... 👇
- Terrain adalah arena permainan yang biasanya berupa hamparan dengan texture tanah, rumput, pasir, bebatuan atau air. Pada terrain pada umumnya juga terdapat model gunung, lembah, pohon dsb.
👉Membuat Terrain
Buatlah Project 3D baru di Unity.
Jika project sudah dibuat, import package standar Unity. Ada dua cara untuk melakukan import package Unity :
- Menggunakan window Asset Store (Ctrl+9) harus terhubung dengan internet
- Import dari komputer (Assets -> Import Package -> Custom Package) cara ke dua ini tidak harus terhubung ke internet
Disini saya memakai 3 asset, yaitu :
- Standard Assets
- LowPollyWater_Pack
- Snow Mountain
Setelah proses impor selesai, tambahkan sebuah terrain dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Terrain. Jika tidak terjadi kesalahan, maka sebuah terrain kosong berukuran 500x500 pixel akan muncul.
Karena saya menggunakan tema kutub, saya tidak menambahkan texture karena sudah sesuai dengan yang saya inginkan.
Setelah itu saya membuat base terrain terlebih dahulu yang terdiri dari dataran dan lautan, pada tahap ini saya menggunakan paint height untuk membuat bagian daratan yang posisinya lebih tinggi di banding daerah lautan.
Selanjutnya, saya menambahkan gunung di bagian daratan. Pada asset pilih snow mountain, setelah itu cari mountain dan pilih folder prefabs. Pilih salah satu prefabs water dan tarik langsung pada scene serta sesuaikan dengan scene. Disini juga saya menduplicate gunung sebanyak 5 gunung dan saya sesuaikan dengan tempat yang ingin tambahkan gunung.
Setelah itu saya menambahkan latar langit senja dengan cara klik window ==> lighting ==> settings ==> lalu pilihlah skybox yang tersedia.
Dan jadi terrain dengan tema kutub...
Sekian pembahasan kali ini sampai jumpa di pembahasan selanjutnyaa.... dadahhh..👋
Link Budiluhur : http://budiluhur.ac.id
Comments
Post a Comment